Pengertian dan Ciri-ciri penyakit TBC Yang Harus Anda Ketahui

  • -

Pengertian dan Ciri-ciri penyakit TBC Yang Harus Anda Ketahui

Category : Uncategorized

Terdapat beberapa kondisi yang merupakan ciri-ciri penyakit TBC ,di mana ciri-ciri terlihat seperti penyakit ringan sehingga banyak diakibatkan oleh orang.

Karena itu jika anda memiliki kondisi ini dalam waktu lama ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter sehingga tidak memebahayakan nyawa.

1. Batuk dengan dahak yang banyak

Batuk merupakan ciri-ciri penyakit TBC yang umum terjadi pada penderita ,di mana batuk yang disertai dengan dahak selama 3 minggu lebih.

Sehingga untuk penderita TBC paru-paru tertentu hal ini sangat mengganggu yang menimbulkan asma .Untuk penularannya ,pada saat penderita batuk maka bakteri penyebab penyakit ini akan keluar bersamaan dengan dahak dan air liur.

Sehingga untuk penderita TBC paru-paru tentunya hal ini sangat menggangu yang menimbulkan asma. Untuk penularannya, pada saat penderita batuk maka bakteri penyebab penyakit ini akan keluar bersamaan dengan dahak dan air liur.

Sehingga penderita TBC harus dapat berhati-hati agar penyakit ini tidak tertular pada orang lain. Dan juga obat batuk biasa tidak dapat mengobati gejala ini sehingga diperlukan obat resep dokter.

2. Mengalami nyeri pada bagian dada apabila bernafas

TBC pada paru-paru dapat menimbulkan rasa nyeri apabila bernafas, sehingga dapat membuat penderita tersiksa dan tidak bebas saat bernafas

Gejala ini membuktikan bahwa bakteri telah menyerang paru-paru, namun gejala ini tidak hanya penyakit TBC namun bisa jadi anda terkena penyakit bronkitis.Karena itu ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang menyerang anda.

3. Hilangnya nafsu makan

Bakteri penyebab penyakit TBC dapat mengirimkan sinyal kepada otak agar tubuh tidak dapat dimasuki oleh makanan,sehingga menyebabkan hilangnya nafsu makan pada penderita.

Apabila penderita memaksakan diri untuk makan dan minum dapat menyebabkan mual, apabila hal ini dibiarkan dalam waktu lama maka akan menibulkan penyakit lainnya karena asupan Gizi untuk tubuh berkurang.

Dan juga hal ini dapat menurunkan sistem imun tubuh yang membuat penyakit TBC terus berkembang,hal ini tentunya dapat membahayakan nyawa sebab akan banyak penyakit y6ang menyerang anda.

4. Turunnya berat bandan

Hilangnya nafsu makan pada penderita dapat membuat kehilangan berat badan secara drastis,sehingga banyak penderita TBC takut lama kelamaan badannya akan kurus kering.

Karena itu jika anda merasa bahwa penyakit batu anda tidak hilang-hilang yang disertai penurunan berat badan maka segeralah memeriksakan diri ke dokter, sebab ciri-ciri penyakit TBC mudah terlihat dan dirasakan sehingga anda bisa mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Penyakit TBC atau tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis.Biasanya TBC menginfeksi paru-paru yang menimbulakan gejala batuk dan lainnya.Namun tahukan anda bahwa TBC juga dapat menginfeksi organ tubuh lainnya,misalnya kelenjar getah bening,usus,tulang,bahkan otak.

Kebanyakan orang yang terinfeksi bakteri TBC tidak memiliki gejala apapun,meskipun ada 10 persen risiko seumur hidup bakteri tetap ada dalam tubuh.Gejala dapat muncul di kemudian hari ketika TBC menjadi aktif atau dengan istilah sakit TBC.Pada orng yang terkena TBC tanpa gejala,obat dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya penyakit mnjadi aktif.

Penyebab dan Penularan TBC

Kuman TBC menyebar ketika seseorang dengan penyakit TBC paru aktif batuk, berteriak, tertawa atau bersin. Orang terdekat bisa saja menghirup udara yang sudah tercemar bakteri TBC sehingga akan masuk dan bisa menjadi terinfeksi. Bakteri dapat menetap di paru-paru dan mulai tumbuh dan menginfeksi(TB Paru). Dari sana, bakteri dapat bergerak melalui aliran darah atau sistem limfatik ke bagian tubun lainnya (TB Ekstra Paru) seperti ginjal, tulang belakang dan otak.

Meskipun infeksi TBC di paru-paru atau tenggorokan dpat menyebar ke orang lain, TBC di bagian tubuh lainnya (TB Ekstra Paru) biasanya tidak menular. Orang yang terinfeksi TBC namun tidak sakit TBC (tidak aktif) juga tidak bisa menularkan TBC ke orang lain. Orang-orang ini memiliki kuman TBC yang sedang ‘tidur’ (TBC bawaan), meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Kelompok beresiko tinggi terkena TBC

Orang yang paling beresiko tertular penyakit TBC adalah mereka yang memiliki kontek erat dengan penderita TB paru aktif ,dalam jangka waktu yang lama .Apabila pada kelompok orang yang beresiko tinggi berikut ini :

* Memiliki penyakit virus human immunodeficiency (HIV) atau acquired immunodeficiency syndrome (AIDS)
* Sisitem kekebalan tubuh yang lemah
* Peminum alkohol
* Usia lanjut
* Tinggal di ruangan penuh sesak
* Penderita diabetes
* Tenaga kesehatan

Gejala Penyakit TBC Aktif

Beberapa ciri dan gejala penyakit TBC paru aktif meliputi :

* Batuk terus-menerus, umumnya diatas 3 minggu
* Batuk berdarah
* sering berkeringat di malam hari padahal suhu ruangan tidak panas
* Badan lemah dan leleah
* Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas

Dianosis TBC

Jika dokter mencurigai bahwa anda memiliki TBC, maka akan diperlukan pemeriksaan untuk menengakan diagnosis .Pemeriksaan yang digunakan untuk mendiagnosis TBC dapat mencakup :

* Riwayat kesehatan
* Tes kulit (tes kulit tuberkulian menggunakan prosedur mantoux)
* Tes darah
* Rongsen dada untuk melihat apakah TBC telah mempengaruhi paru-paru
* Tes dahak untuk meliaht apakah bakteri TBC sudah ada dalam dahak.

Anda juga harus diperiksa TBC jika Anda :

* Hidup dengan HIV atau AIDS


Kalender

May 2019
M T W T F S S
« Jan    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Fan Page

Rekanan