GASTRITIS (MAAG)

  • -

GASTRITIS (MAAG)

Category : Kesehatan

Apa penyebab & gejala penyakit ini? Bagaimana cara menjaga kesehatan lambung?
Picture1.
 Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.
 
 
 
 
 

JENIS PENYAKIT GASTRITIS (MAAG)

1. Maag Akut

Picture4

Penyakit Maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada bagian muklosa. Maag akut ini merupakan penyakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.

 

2. Maag Kronis

Picture2.

 

Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap  mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu dan menyebabkan maag dari tipe yang spesifik yaitu Gastritis kronisa.

Penyebab Penyakit Maag

Penyebab dari penyakit maag bisa terjadi karena penderita maag :

* Makan secara tidak teratur
* Terdapat mikroorganisme yang merugikan
* Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
* Mengkonsumsi Alkohol
* Pola tidur yang tidak teratur dan stress
* Telat makan

Gejala Penyakit Maag

* Sakit saat buang air besar
* Mual dan muntah
* Sering merasa lapar
* Perut kembung
* Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
*Sering bersendawa
 
TIPS MENJAGA KESEHATAN LAMBUNG
 Program ini dikenal dengan 3T yakni tepat waktu, tepat nutrisi, dan tepat solusi untuk lambung.
Tepat waktu dilakukan dengan menepati jadwal makan yang teratur. Jangan biarkan perut kosong dalam waktu lama, Apalagi jika makan dalam jumlah besar dalam keadaan tersebut. Ini dapat memperparah kerusakan yang terjadi dalam lambung.
Tepat Nutrisi yaitu memastikan asupan nutrisi untuk tubuh, serta menjaga dan menghindari makanan dan minuman yang merangsang produksi asam berlebih dalam lambung.
Tepat Solusi dapat dilakukan dengan mengunyah makanan secara perlahan. Jika dilakukan secara terburu-buru, maka saluran pencernaan akan bekerja lebih ekstra dan dapat meningkatkan resiko terjadinya gastritis.
 
JADI,SUDAH KAH ANDA MENJAGA KESEHATAN LAMBUNG?
 
Picture5 
 
 

 

 

 

 


REKANAN